Selasa, 18 Juni 2013

Hamster


Hamster

Pertama kita kenali dulu Jenis-jenis hamster di Indonesia : 
Sebenarnya hamster pasti banyak macam jenisnya, akan tetapi dalam posting ini saya tulis hanya yang saya ketahui. Mudah-mudahanbagi yang mau memelihara hamster bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli.Ettss… jenis-jenis ini saya dapatkan dari berbagai sumber dan yang saya ketahui. Beberapa macam jenis hamster sebabai berikut :

1.Hamster Campbell
Hamster ini banyak sekali fariasi warnanya. Ooh kalo gambar di bawah hanya satu warna karena anak hamster yang kelahiran pertama warnanyasudahberfariasi. Lalu anak kelahiran yang kedua jadinya satu warna. Dan menurutku hamster yang ini  murah, karena harga hamster Campbell kuranglebih 30 rbper pasang. Hamster  ini mudah ekali kawin dan cocok untuk di ternakkan untuk pemula. Apabila ber-anakpada kelahiran pertama 2-8 ekor, bahkan biasa lebih dari itu. Tetapi apabila kelahiran pertama sudah melebihi angka batas kelahiran hamster, resiko kematian hamster lebih besar dari pada kelahiran hamster yang sedikit.
Spesifikasi hamster Campbell :
=>   Umur normal kuranglebih 1-2 tahun
=>    Panjang kira-kira 10-15 cm untukumurdewasa
=>    Lama kehamilan kuranglebih 20-30 bahkan bias lebih
=>    Lincah dan imut karna ukurannya umayankecil
=>    Masa sapih(pemisahananakdariinduknya) 3-4 minggu
=>    Macam Campbell(albini, panda, black bear, argentine, opal, blue)

  
 2.    Hamster roborovski
Roborovski merupakan jenis hamster pelari dan sangat lincah karena bentuknya yang lebih kecil dari pada campbel yang lain sehingga erjaannya lari-lari saja. Harga hamster roborovski sekitar 45-75 rb tergantung penjualnya juga sih pengen ngasih harga brapa. Hehehe… sebelumnya melihat kondisi hamster baik atau tidak.Jangan membeli dengan harga yang gila atau murah, karena belum tentu hamster itu sehat atau tidak.Biasanya apabila membeli di pinggir jalan kebanyakan hamster yang sudah berpenyakit.Lalu dijual dengan harga yang cukup murah.Itu tuh trik pedagang licik, karena saya juga pernah tertipu dengan harga hamster yang murah-murah.
Spesifikasihamster roborovski :
=>    Umur normal 3-4 tahun
=>    Panjang hamster 4-6 cm
=>    Lama kehamilan 20-30 hari
=>    Jumlah anak 2-6 ekor
=>    Masa apih 30 hari
=>    Macam roborovski(normal, white, face)




3.    Hamster Syria
 Syria ini bentuk nya besar sekali, seperti tikus sawah. Bisa di adu kali, tikus sawah VS hamster Syria. Hehehe tentunya tikus sawahlah yang menang karna tikus sawah memakan apa saja, jadinya kuatd ehh. Hehehe.Kembali ke hamster Syria.Sepertinya hamster jenis ini pemalas deh.Kurang lincah, bentuknya memanjang, lebar jadinya males-malesan deh.Harga hamster Syria sekitar 20-40 rb tergantung jenis, warnanya dan penjualnya. Hehehe…


Spesifikasihamster Syria :
=>    Umur normal 2-2,5 ahun
=>    Panjang 15-20 cm
=>    Lama kehamilan sekitar 20 hari
=>    Macam Syria(short, hair, long hair, rex, satin)

  

4.    Hamster winter white
 Winter white ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti  Campbell.Fisiknya hamspir sama dengan Campbell. Hamster ini cocok untuk pemula.Harga hamster winter white ini berfariasi dari 15-75 rbdan tergantung jenisnya.
Spesifikasi hamster winter white:
=>    Umur 1-2 tahun
=>    Panjang 7-9 cm. mini bangett.
=>    Lama kehamilan 15-20 hari
=>    Macam winter(normal, safir, pearl, golden)



5.    Hamster panda
 Hamster  panda ini bentuknya sedikit memanjang dan warnanya seperti hewan panda, hitam putih.Tidak suka menggigit apabila sering di pegang dan di sayang. Tetapi agar tidak ingin di gigit pertama membeli harus di sayanggan di pegang-pegang agar bau tangan kita terkenal oleh hamster.Itu trik saya agar tidak di gigit oleh hamster panda.Untuk hamster panda sepasang sekitar 60-80 rb untuk daerah saya di kemanggisan..hehehe

Spesifikasi hamster panda :
=>    Umur 1-3 tahun
=>    Panjang 10-15 cm
=>    Lama kehamilan sekitar 20-30 hari
=>    Macam panda( duh sayakurang tau)




Cara Merawat Hamster:

Pertama, jangan pernah menebar makanan di dalam dasar andang hamster Anda. Hal ini akan membuat kandang lebih mudah kotor dan juga membuat kandang bau dan mengundang berbagai penyakit. Beli wadah makanan.Pilih yang memiliki berat jangan yang cenderung ringan.Wadah ringan gampang tergeser dan makanan mudah tumpah.

Kedua, jaga kebersihan kandang hamster! Ganti pasir atau serutan kayu yang Anda jadikan alas kandang minimal sekali dalam seminggu.Jika tidak, jangan salahkan jika hamster Anda terliha tlusuh dan bulunya kurang bersih. Salah satu manfaat alas kandang tersebut untuk membersihkan bulu hamster dan juga menyerap air seni. Jadi, malas mengganti pasir atau serutan kayu akan membuat hamster Anda bau!

Ketiga, pilihlah makanan yang benar.Jangan memberi bijibunga  matahari setiap hari. Ingat, makanan berlemak akan membuat hamster Anda terkena obesitas yang berujung pada beberapa penyakit seperti jantung. Kombinasikan dengan takaran yang benar.Agar gizinya terpenuhi.Kacang hijau dan kedelai merupakan alternatif terbaik minim lemak.Coba juga beras merah! Bergizi.

Keempat saat bermain bersama dengan anda jangan mencoba memegangnya ketika berdiri ini bisa membuat mereka stress, alangkah baik kalo anda memegang dalam keadaan duduk akan jauh lebih menyenangkan
Kelima, jangan pernah menjemur hamster Anda di bawah terik matahari secara erlebihan.Ingat, mereka adalah hewan nok turnal.Siang hari mereka habiskan dengan tidur sedangkan malam hari mereka gunakan untuk mencari makanan.Jadi, mereka cenderung tak "cocok: dengan cahaya matahari berlebih. Yang sedikit saja jauh lebih baik.Di tempat yang teduh.

Keenam, sebelum memegang hamster Anda,  mencuci tangan Anda dengan sabun agar bebauan asing lenyap dari tangan Anda.Mereka sangat sesitif terhadap bau.Dan, mereka mendeteksi Anda dari bau khas Anda.Jika Anda bebauan lain, mereka akan menandai Anda sebagai orang asing.  Jadi, jangan memakai wewangia n mencolokya!

Ketujuh, jangan memberi coklat, jeruk, bawang merah, bawangbombay, bawangputih, seledri, daunbawang dan makanan dengan aroma kuatlainnya! Meski, hamster merupakan hewan omniovra yang bisa menyantap apapun, tapi tubuh mereka tak ramah dengan makanan beraroma kuat.Termasuk yang beraroma citrus! Hati-hati. Poin ini sebenarnya tidak masuk kategori tips memelihara hamster, sebab ini merupakan hal yang kadarnya wajib dilakukan!

Kedelapan , jangan memandikan hamster langsung di air apalagii merendamnya dalam air..brr pastinya merekaa akan kedinginan sobat. Karna mereka berasal dari habitat gurun sehingga tak cocok dengan air ..hmm dengan rutin mengganti serbuk kayu  atau pasir itu sudah akan membersihkan tubuh mereka.

Kesembbilan, cobalah untuk melengkapi kandang nya dengan aksesoris, seperti jungkat –jungkit, bola hamster atau jogging wheel. Dengan menambah mainan ini maka hamster anda akan lebih aktif dan juga dapat melakukan aktifitas fisik. Sama dengan manusia tentunya hal ini akan menyehatkan. hahahaha

Kesepuluh, simpan kandang hamster di tempat yang tidakramai. Tempat yang bising cenderung mengganggu.Mereka suka tempat yang sepi.Di habit nanaslinya, hamster membangun rumah di tempat yang paling tersembunyi.Jadi, cari sudut rumah yang aman, nyaman dan  sepi!

Tips memelihara hamster yang terakhir adalah memanjakan mereka dengan pijatan lembut ketika anda sudah dikenalnya sebagai sahabat. Hal ini akan mendekatkan anda dengan nya tentunya. Selamat mencoba tips-tips nya yaa..semoga berhasil ^^

 
 


1 komentar: