Kamis, 13 Juni 2013

IGUANA



Iguana hijau dikenal sebagai hewan peliharaan paling populer dan kadal terbesar yang mendiami terutama di sebagian besar Amerika Serikat habitat alami mereka terletak di hutan tropis di Afrika Tengah dan Selatan, Karibia dan Pasifik Timur. Mereka juga berkembang biak alami di Florida dan Hawaii. 

Setelah menetas sebagai bayi iguana panjang mereka sudah sekitar 17 sampai 25 sentimeter. Reptil bisa tumbuh cepat dengan laju mencapai 5 sampai 7 ft 4 tahun asalkan mereka diberi nutrisi yang tepat dan peduli sebagai hewan peliharaan. Berat di sisi lain bisa mencapai berat 4 sampai 8 kg. 

Warna hijau dari iguana hijau dicapai pada usia dewasa. Pada tahap yang lebih muda, warna bervariasi dari coklat sampai hijau. Warna mereka juga berubah tergantung pada kondisi suasana hati, suhu dan kesehatan mereka. 

Salah satu fitur trademark dari iguana adalah dewlap yang terletak di bawah tenggorokan. Hal ini lebih menonjol dalam laki-laki dari iguana hijau perempuan. Mata iguana berada dalam posisi lateral dengan kepala terhadap mereka. Berarti mereka berada di sisi seperti ikan. Satu yang unik tentang iguana adalah kepemilikan dari mata ketiga. 

Ini organ sensorik foto juga bertanggung jawab untuk memicu produksi hormon untuk reproduksi. Sensitif terhadap perubahan cahaya, itu tidak mengenali gambar, hanya memiliki dasar retina dan lensa. Hal ini terlihat sebagai titik abu-abu atau putih di atas kepala beberapa kadal disebut sebagai ” mata kerucut” atau ” mata ketiga.” 
 
Iguana hijau senang tinggal di atas pohon. Para iguana muda cenderung menginap di bagian bawah pohon, sementara yang lebih tua lebih suka kanopi atas untuk berburu makanan dan mendapatkan lebih banyak sinar matahari. 

Mereka mencintai perairan. Mereka tinggal di pohon-pohon di dekat badan air, karena cara mereka melarikan diri dari pemangsa mereka. Iguana betina hanya pergi ke pohon itu untuk menggali liang dan telur yang berbaring. Liang yang digali untuk sekitar 45 cm sampai kedalaman 1m. Dibutuhkan 65 hari dari konsepsi sebelum seekor iguana yang bertelur. 

Dibutuhkan mereka tentang 3 hari untuk berbaring yang bisa total dari 10 sampai 30 telur.
Ukuran dan jumlah telur tergantung pada ukuran iguana ibu. Mereka adalah ibu-ibu gaul yang berbagi sarang dengan iguana lain terutama ketika ada bintik-bintik yang tersedia terbatas untuk bersarang. Tidak seperti binatang lainnya peletakan telur, iguana tidak induk telur. Mereka hanya kembali ke sarang teratur untuk memeriksa. 

Masa inkubasi berlangsung sekitar 90 hingga 120 hari. Suhu berkisar 85-91 deg F. tukik menggunakan gigi khusus mereka yang disebut caruncle untuk memecahkan telur mereka.
Iguana bisa hidup pada rata-rata 10 sampai 12 tahun sampai maksimal 20 tahun jika mereka diberi makan dan diambil peduli dari di penangkaran. 

Iguana yang hidup di belantara yang diyakini bertahan hidup lingkungan yang keras yang hanya sekitar 8 tahun. Perawatan dan nutrisi yang tepat harus diperhatikan dalam menjaga iguana sebagai hewan peliharaan. Mereka membutuhkan diet sayur dan buah yang kaya fosfor, kalsium dan vitamin D. Pisang kaya Kalium adalah favorit. 
 
Semakin banyak orang yang tertarik memelihara iguana. Iguana dipelihara karena keunikan dan keeksotisannya.

Rentang harga Iguana yang diperjual-belikan antara 350.000 – 1.000.000 rupiah.
Kecuali Anda sudah lama memelihara iguana, ada beberapa fakta menarik tentang iguana yang perlu diketahui.

Berikut adalah 5 fakta tentang iguana:

1. Iguana adalah hewan herbivora.

Ini berarti iguana tidak makan daging melainkan tumbuhan. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa iguana adalah omnivora. Ini berarti iguana tidak boleh diberi makan produk hewani karena sistem pencernaan mereka tidak dirancang untuk itu. Saat diberi produk hewani, protein yang terkandung didalamnya akan diubah menjadi asam urat. Ini dapat berbahaya buat iguana.

Asam urat akan berubah menjadi gout yang pada akhirnya dapat menyebabkan komplikasi bahkan kegagalan ginjal. Ini tentu saja akan memperpendek umur iguana. Jadi pastikan hanya memberi makan iguana berupa tumbuh-tumbuhan atau sayuran.

2. Iguana dapat dilatih. 

Tidak hanya anjing atau kucing, iguana juga dapat dilatih. Jadi mereka sebenarnya adalah hewan yang cerdas. Iguana bisa dilatih untuk menggunakan toilet atau membuang kotoran ditempat tertentu. Iguana juga bisa dilatih untuk melakukan berbagai trik. Jika hilang, iguana dapat menemuka jalan pulang.
 
Namun tentu saja melatih iguana membutuhkan kesabaran, sama seperti saat melatih anjing atau kucing yang juga memerlukan kesabaran.

3. Iguana bisa tumbuh besar

Hanya karena saat membeli berukuran kecil, bukan berarti iguana tidak dapat tumbuh besar. Iguana dapat tumbuh hingga panjang 1 meter atau lebih. Jadi pertimbangankan pula mengenai hal ini untuk menentukan langkah antisipasi setelah iguana tumbuh besar.

4. Iguana suka memanjat

Agar hidup sejahtera, pemilik tidak hanya harus menyediakan makanan yang baik tetapi juga memberikan kandang yang menyerupai habitat aslinya. Di alam liar, iguana suka memanjat pepohonan. Jadi pastikan untuk menyediakan semacam cabang atau kayu untuk tempat iguana bertengger.
 
5. Iguana menyukai sinar matahari

Iguana membutuhkan paparan sinar matahari. Iguana membutuhkan sinar UVA dan UVB dari matahari agar penyerapan nutrisi dapat berlangsung dengan lancar.


Mengenal 7 Jenis Iguana


Tahukah Anda bahwa sebenarnya terdapat banyak spesies iguana? Sebagian besar iguana hidup di alam bebas dan tidak dapat ditemukan di toko hewan peliharaan.

Iguana dapat diklasifikasikan ke dalam tujuh jenis, yaitu:

1. Iguana gurun, Dipsosaurus.
2. Iguana ekor berduri, Ctenosaura.
3. Iguana berpelindung kepala, Lemanctus.
4. Iguana berhelm, Corytophanes.
5. Iguana batu dan badak, Cyclura.
6. Iguana Madagaskar, Chalarodon.
7. Iguana hijau.

Iguana Gurun

Iguana Ekor Berduri

Iguana Berhelm
Iguana Batu dan Badak (Rhinoceros Iguana)



Iguana Madagaskar


Iguana Hijau


Dari ketujuh jenis iguana tersebut, iguana hijau adalah yang paling populer dan sering dijadikan peliharaan.

Iguana mungkin berbeda dalam penampilan dan jenis tetapi mereka memiliki kebiasaan, diet dan ukuran yang relatif sama.


Cara Merawat Iguana

     Merawat iguana tidak seperti merawat kucing atau anjing dirumah, hewan ini pun lebih sulit ditangani dibandingkan leopard gecko, karena iguana tidak mempunyai cadangan makanan, saya pernah lupa memberi makan iguana saya seharian, ketika saya memberi makan, iguana saya pun seperti manusia yang tidak diberi makan, lemas namun galak karena marah tidak diberikan makanan, jadi kita memberikan makanan setiap hari, pagi dan siang hari, pada malam hari iguana tidur hingga ayam berkokok dipagi hari.

 
     Makanan iguana tidaklah sulit, kita hanya memberinya sayuran-sayuran hijau, seperti katuk, bayam, sawi, kangkung ,dll untuk buah-buahan nya iguana sangat menyukai pepaya, baik kita memberi pepaya secara berkala, karena pepaya memberi vitamin dan memberikan zat untuk memperkuat tulang pada iguana, namun iguana tidak membutuhkan genangan air di dalam kandang, karena sayur dan buah itu sudah mengandung air, boleh kita memberikan air, namun jika kita memberikan air di kandang ada resiko air itu tumpah, karena iguana sangat gesit jika didalam kandang.

     Mandikan iguana 1minggu 1x , agar terhindar dari penyakit dan bakteri, jamur pun mati, mandikan iguana dengan air hangat (bukan mendidih tapi hangat kuku), setelah dimandikan kita jemur iguana sekitar 15-20menit, lalu kembalikan lagi kekandang

     Kandang pun harus bersih, jangan sampai kotoran tidak dibersihkan, karena semua kotoran reptil mengandung bakteri samonela yaitu bakteri penyebab tipus, jadi kita harus bisa menjaga kesehatan kandang, karena itupun juga menjaga kesehatan sang pemilik.

7 komentar:

  1. jadi pingin pelihara iguana...

    BalasHapus
  2. Kalo mau beli iguana kemana yaaa....??? Tempat yg sekiranya punya banyak jenis iguana

    BalasHapus
  3. di grup fb byk, nama grupnya jual beli iguana indonesia

    BalasHapus
  4. Mau tanya saya baru saja beli iguana hijau malam tadi dan bila saya balik dr kerja petang tadi saya lihat dia sudah tidak ada di dalam sangkar,adakah ia akan kembali semula ke sangkarnya,sebab sudah puas cari tapi tak jumpa

    BalasHapus
  5. mungkin di gondol maling, ckckck

    BalasHapus
  6. Kira2 iguana nya bisa lepas dari kandang ga? Kalo g d gondol maling pak.

    BalasHapus
  7. Kira2 iguana nya bisa lepas dari kandang ga? Kalo g d gondol maling pak.

    BalasHapus