Kamis, 13 Juni 2013

Sugar Glider



Hai teman-teman, ada yang tau sugar glider itu apa?? Mungkin kebanyakan orang belum  familiar dengan hewan yang satu ini. Nah, berhubung aku pelihara sugar glider, aku bakal kasih tau kalian nih all about sugar glider.

Nama ilmiah Sugar glider adalah Petaurus Breviceps, yang merupakan jenis tupai pohon kecil dan berkantung. Mereka terutama berasal dari negara-negara, termasuk Australia, Indonesia, Papua New Nugini, dan Tasmania. Sugar glider dikenal dengan nama ini karena mereka menyukai makanan manis dan, juga suka meluncur dari ketinggian sehingga terlihat terbang melayang.

Sugar glider ini juga dikenal sebagai 'hewan peliharaan dalam saku,' karena dua alasan berikut. Pertama, mereka dalam ukuran kecil dan, kedua, mereka dapat dibawa dalam saku atau kantung. Itu sebabnya banyak pemilik Sugar Glider menjaga hewan menawan ini menarik lainnya di Sugar glider adalah bahwa mereka memiliki jari-jari kaki besar pada kaki belakang mereka, yang membantu mereka dalam membuat pegangan yang lebih kuat pada cabang pohon.

Sugar glider tidak seperti hewan peliharaan lain yang dapat dipelihara di mana saja di rumah. Mereka perlu area khusus dan daerah luas untuk hidup. Jadi, jika Anda sedang merencanakan sebuah kandang buatlah yang nyaman dan luas kandang untuk hewan peliharaan khusus Anda. didalam saku mereka dan membawa mereka kemana saja pergi.

Makhluk lucu ini adalah marsupial, yang masih muda yang lahir belum matang. Bayi belum dewasa ini berkembang dalam pelukan ibu mereka sampai mampu bertahan hidup sendiri. Peliharaan saku ini memiliki ukuran panjang sekitar 5-6 inci dan berat sekitar 4-6 ons.




Makanan untuk Sugar Guilder

Makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran / buah-buahan seperti apel pepaya, pisang, anggur, melon, pear, dll boleh telur rebus, keju, dog/cat food khusus untuk pelet cat food, pilih yg high protein..minimal 30% keatas pilih yg bahan dasar ayam & magnesiumnya rendah jangan lebih dari 0,01% sebab merusak ginjal. Kalau pelet kitten food sebaiknya diberi minum yang banyak SG butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc

Karena SG itu termasuk pemilih dalam hal makanan (un-balanced diet), harap bersabar dalam menyusun menu...sebab bisa saja hari ini dia doyan apel..tapi belum tentu besok dia doyan, juga berbeda setiap binatangnya

Hindari buah yang berasal dari jenis jeruk, alpukat, dan bangsa bawang2an karena bisa membahayak kesehatan sugar glider. Selain itu bisa juga diberikan umbi2an seperti bengkoang, wortel rebus, ubi rebus. Sugar glider setiap hari membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup besar (mencapai 40%). Oleh karena itu jika memberikan buah2an bisa diberi tambahan berupa serangga (jangkrik, belalang) dan ulat untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Jenis makanan yang diberikan sebaiknya bervariasi. Misalnya di lakukan rotasi setiap 3 hari, yaitu buah2 dengan serangga, sayur (wortel rebus) dengan ulat, dan jangkrik. Jenis2 ini selalu diberikan secara bergilir untuk memenuhi kebutuhannya. Jika mendapatkan diet yang benar sugar glider akan hidup dengan sehat.

Sugar glider juga membutuhkan minuman. Air bersih harus disediakan sepanjang hari, (disarankan air mineral/yang telah melalui proses penyulingan) atau juice buah, dan bisa diletakkan di dalam tempat minum untuk hamster (disarankan juga yang ada bola nya agar air tidak mengotori kandang)atau bisa diletakkan dalam wadah kecil yang berat sehingga tidak mudah tumpah pada saat sugar glider bermain2.

Pee dan pupnya tidaklah berbau, selama kita memberikan makanan yang cocok utk mereka, apabila kita memberikan makanan dan minuman yang mengandung banyak protein (seperti ulat dan jangkrik walau ini adalah makanan kesukaaan mereka) pee dan pup nya cenderung akan lebih ber 'aroma'.

Sugar glider adalah mamalia marsupial, seperti kangguru. Mamalia marsupial hanya menghabiskan waktu yang singkat perkembangan di dalam perut ibunya dan sangat kecil pada saat lahir. Setelah lahir, bayi marsupial akan merangkak ke kantong ibunya dan pemberian makanan lewat susu ibunya dan terus tumbuh dan berkembang.

Hidup rata-rata dari Sugar Glider adalah sekitar 12 sampai 15 tahun. Mereka dikenal dengan perilaku ramah. Mereka hewan peliharaan yang aktif suka melompat, berpegangan dan meluncur. Sugar glider membutuhkan perawatan khusus dan perhatian. Mereka tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa pengawasan, dan pemilik harus memberikan perawatan yang cukup dan konstan berupa cinta dan perhatian pada hewan peliharaan ini agar tetap sehat dan ramah. Terakhir, Sugar glider adalah hewan peliharaan yang indah asalakan terjaga dan dirawat.

Mereka menjadi sahabat yang baik dan cenderung memiliki kedekatan yang kuat dengan pemilik hanya dalam rentang waktu singkat. Banyak Orang mengatakan bahwa mereka adalah benar benar menyenangkan untuk ditonton dan diajak bermain.


Jenis Sugar Glider
 
Ini teman-teman jenis sugar glider :




Black Beuty/Grey

 



Cinnamons

 













Lions



White Face
 



White Tip
 



Powered Mosaic
 



Platinum/Platinum Champagens
   



Leucistic
  



Albino
  



Cream-Ino
 

  
Cara Menjinakkan Sugar Glider
Bila Sugar Glider yang kalian beli dari hasil breeding (penangkaran) bukan yang wild, dalam beberapa hari ia akan jinak dengan kalian sebagai pemilik barunya tapi kalau wild kita patut belajar bagaimana cara bonding si imut SugarGlider ini :
Pertama..
Wild sugar glider sebaiknya diamkan mereka didalam kandang setidaknya 1-2 hari agar ia hafal dengan suasana disekitar kandang, sehingga dia tidak merasa asing. Sugarglider juga patut anda letakkan di tempat anda melakukan kegiatan sehari-hari sehingga ia hafal dengan suara-suara dan bau-bau ditempat itu. Anda cukup meletakkan Sugarglider didalam kandang tapi jangan lupa menaruh makanan dan minumannya sehingga ia tidak kelaparan.
Kedua..
Lakukan kontak dengan SG secara rutin setidaknya 2jam perhari yaitu paling mudahnya dengan proses handfeed. Proses handfeed yaitu proses penjinakan dimana kita memberikan makanan dengan tangan agar Sugar glider hafal dengan pemiliknya. cara memberi makan yaitu colek sedikit bubur (makanannya) lalu sodorkan tangan anda dengan cara jari dibalik (ingat.. Sugar glider memiliki gigi yang tajam dibawah)jadi sewaktu-waktu kalau sg menggigit anda, anda tidak akan merasa sakit.  
 Ketiga..
Sering gigitkan jari anda pada SG, memang cara ini sedikit menantang dan exstrim namun dijamin cara ini sangat ampuh untuk menjinakannya (tapi jangan sampai lupa posisi jari dibalik atau kuku dibagian bawah). SG akan hafal dengan bau dan usapan tangan anda.
Caranya :
1. Genggam SG anda dengan tangan kanan, untuk memegang SG yang masih mengigit yaitu menggegam leher sampai badan dan posisi jempol di bawah leher SG. Genggam dengan erat agar tidak lepas. atau menggunakan handuk lebih nyaman dan aman.
2. Sodorkan jempol anda kiri anda terbalik, posisi kuku di bawah, karena gigi SG yang tajam ada di posisi bawah, kita aman jika tergigit. Tahan sampai 2-3 menit. sambil di tiup kecil. diulang2 sampai dia tidak mau menggigit.
3. Lakukan setiap hari minimal 2 jam. Insyaallah SG anda bisa jinak tidak mengigit dalam kurun waktu di bawah seminggu. Cepat lama nya jinak tergantung karakter SG anda, jika cepat jinak itu sudah keberuntungan anda, dia cocok untuk anda.
Keempat..
Kenalkan SG dengan bau badan anda, seperti memasukkan sapu tangan yang telah anda gunakan untuk mengusap keringat kedalam pouch SG sehingga ia biasa hafal dengan bau pemiliknya.  
Kelima..
Lebih baik dilakukan pada siang hari, saat dia lagi lelah dan mengantuk, dia akan lebih cenderung diam dan tidur, jika dia menggigit kekuatan nya tidak sama saat dia malam, kadang dia tidak sadar kalau dia lagi tidur di pangkuan kita. Jika anda tidak sempat melakukan di siang hari, di malam hari pun boleh, akan tetapi lebih sulit.
Keenam ..
Keluarkan hiding pouch dari sarang mreka,jadi waktu mereka tidur,kita bisa belai mereka(SG paling suka dibelai di leher belakang). Saat mereka tidur,selimuti dengan telapak kita (biar mereka merasa hangat,  dan tau jika kita berniat melindungi mereka,menyayangi mereka) Mulai ajak mereka bermain,buat sg berlari di tangan kita,gerakan dua tangan seolah olah tangan kita itu jogging wheel,biar SG tau,kalau tangan kita stabil.
Lakukan sterusnya,lama-lama SG akan percaya  kita,dan menerima sebagai ownernya.
jangan pernah membentak SG, memarahi, memukul.




 Tips Merawat Sugar Glider

  • Kalau Anda tak mau repot, beli sugar glider ternakan alias yang jinak. Kalau Anda memelihara sugar glider liar membuat Anda harus sabar dan telaten dalam memeliharanya agar bisa berhubungan akrab dengan manusia.
  • Berilah makanan bubur bayi rasa buah pisang, dibuat kental. Bubur yang terlalu cair akan membuat sugar glider rawan terkena diare.
  • Pastikan dalam seminggu sekali beri makanan buah yang manis, seperti rambutan, pisang, atau lengkeng.
  • Dalam sebulan sekali pastikan diberi makan jangkrik dan serangga. Ini bertujuan supaya asupan protein dan kalsiumnya tercukupi.
  • Usap bagian tubuh sugar glider secara merata menggukan  tisu basah seminggu sekali, ini merupakan bagian dari memandikannya.
  • Saat berada di pounch (tas kecil untuk membawa sugar glider), jangan masukkan pounch ke dalam tas. Biarkan pounch berada di luar untuk menghindarkannya dari kehabisan oksigen.
  • Ingatlah sesalu untuk mencuci pounch sebanyak 2 kali dalam sebulan, untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel.
  • Sugar glider betina akan lebih lincah dan dan agresif dibanding jantannya, dan makin liar saat muda dan belum masa kawin.
  • Sugar glider jantan akan menyakiti dirinya sendiri dengan menggigit ekornya apabila dia ingin kawin.
  • Sugar glider akan mengeluarkan suara yang sama ketika saat masih liar, saat dirinya merasa ada yang tidak nyaman.
  • Saat berada dalam tempat tidur yang biasanya terbuat dari batok kelapa, pastikan batok  kelapa tersebut lembab atau basah.



2 komentar:

  1. Makanan sugar glider tinggi protein. Sebagai alternatif pengganti jangkrik dan ulat hidup. Klik link di bawah ini untuk detailnya

    Makanan sugar glider tinggi protein

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya

    silahkan berkunjung di www.ratungaco.com

    BalasHapus