Sabtu, 01 Juni 2013

Kelinci Anggora




Hewan imut yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi para pecinta hewan peliharaan. Kelinci terkenal dengan telinganya yang panjang dan tentunya sebagai hewan yang identik dengan wortel walaupun makanannya bukan hanya wortel.

Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa sangat menyukai hewan yang suka melompat ini karena kelinci merupakan hewan yang jinak. Hewan berbulu ini juga sangat senang jika dielus oleh pemiliknya.

Selain tampangnya yang lucu, kelinci juga sangat suka makan. Biasanya, selama masih ada makanan yang dilihatnya kelinci akan terus memakannya. Jika ingin memelihara kelinci sebaiknya jangan disimpan di taman yang berisikan tanaman hias, karena kelinci bisa saja memakannya.

Nah, pada postingan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai berbagai jenis kelinci hias anggora yang sering dijadikan hewan peliharaan dan juga cara memeliharanya.


Kelinci Anggora                                                        

Umumnya kelinci yang popular adalah kelinci anggora. Kelinci ini identik dengan bulunya yang banyak, lebat dan lembut. Kelinci anggora berasal dari Kota Ankara di Turki. Kelinci anggora juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu: kelinci anggora Inggris, kelinci anggora Perancis, kelinci anggora satin, dan kelinci anggora raksasa (giant).



1.    Kelinci Anggora Inggris
Kelinci Anggora Inggris

Kelinci anggora jenis ini memiliki ciri khas pada bulu yang sangat banyak di seluruh tubuhnya, termasuk pada bagian wajah, telinga, dan kaki. Kelinci anggora inggris adalah jenis keturunan anggora terkecil yang diakui oleh ARBA (American Rabbit Breeders Association), yaitu dengan bobot antara 2,3kg - 3,4kg. Warna kelinci anggora inggris yang diakui pun ada banyak.



2.    Kelinci Anggora Perancis
Kelinci Anggora Perancis

Perbedaan antara kelinci anggora inggris dan anggora perancis hanya pada bagian wajah, telinga, dan kaki yang tidak terlalu lebat ditumbuhi bulu wol, sehingga pada kelinci jenis ini masih terlihat wajah dan telinganya.. Bobot kelinci anggora perancis juga lebih besar, dengan bobot rata-rata 3,6kg.



 

3.    Kelinci Anggora Giant
Kelinci Anggora Giant

Kelinci anggora giant tercipta dari hasil persilangan antara anggora jerman-lop perancis-dan flemish giant. Bobot minimal yang diakui untuk anggora giant adalah 4,5kg, sedangkan bobot maksimalnya tidak dibatasi. Oleh karena itu kelinci ini disebut aggora giant.



4.    Kelinci Anggora Satin
Kelinci Anggora Satin
Awalnya kelinci anggora satin dikembangkan oleh Mr. John Fehr pada awal 1930-an. Saat itu kelinci anggora satin yang dihasilkan belum menunjukkan kualitas seperti yang diinginkan. Penyempurnaan selanjutnya dilakukan oleh peternak wanita di Kanada pada tahun 1980-an. Secara fisik kelinci anggora satin terlihat sama dengan kelinci anggora perancis. Perbedaan hanya pada warna dan tampilan fisik wol yang dihasilkan. Anggora satin mempunyai bulu yang terang dan mengkilat. Bobot standar kelinci anggora satin adalah 3,6kg.





Cara Merawat Kelinci Anggora:

  • Suhu udara untuk kelinci anggora lebih dingin dari kandang kelinci biasa. 
  • Kelinci anggora dianjurkan makan 3x sehari dan jangan banyak mengandung air. 
  • Jangan terlalu sering dimandikan (grooming) karena bulunya mudah rontok.  
  • Jaga kebersihan kandang, biarkan sinar matahari masuk yang penting jangan lembab dan sirkulasi udara baik dan drainasi untuk mengalirkan kotorannya terjaga bersih. Lakukan pembersihan kandang minimal seminggu sekali.
  • Ukuran kandang minimal 50×50 cm, hal ini dapat menghindari kelinci dari rasa stress. Bila memungkinkan buatkan tempat makanan tersendiri lebih tinggi dari pijakan kelinci agar tidak terinjak-injak. 
  • Jika kelinci anggora siap beranak maka siapkan kandang yang lebih luas. 
  • Beri rerumputan kering di atas kotak kecil agar kelinci anggora merasa hangat untuk persiapan melahirkan. 
  • Beri makanan dari daun yang hijau, misalkan rumput lapangan, kangkung dan sayuran lainnya. Berikan dalam keadaan layu kecuali dia sendiri yang mencari makanannya.
  • Rumput yang segar merupakan makanan utama mereka, namun anda juga bisa memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayangan anda. Seperti mencampurkan buah dan sayur segar, yang mesti anda ingat adalah gula alami yang terkandung dalam buah tidak terlalu baik untuk kelinci anda. Jadi awasi asupan gula alami pada kelinci anda 
  • Kelinci anggora pun menyukai ubi jalar, berikan padanya, dan usahakan jangan memberi makanan hanya satu jenis saja. Karena akan mengakibatkan bosan dan susah makan. 
  • Air minum untuk kelinci harus terjaga kebersihannya. Gantilah air seminggu 2 kali.
  • Waktu makan yang tepat sekitar puku 7 pagi, siang hari makan secukupnya dan sore hari sekitar pukul 18.00. Kebisaaan jenis kelinci memang makan sepanjang malam. 
  • Siapkan tempat tidur tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kotorannya sendiri. 
  • Untuk anak kelinci anggora usahakan jangan terlalu banyak terkena tanah lembab atau becek agar tidak terkena penyakit gatal.

Ternyata merawat kelinci anggora tidaklah sulit bukan? Jika kita menyayangi hewan peliharaan dengan sungguh-sungguh maka merawat-nya dengan baik bukanlah hal yang sulit selama kita melakukannya dengan sepenuh hati :)

Sekian yang dapat saya berikan dalam postingan ini, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan ^^


referensi: wikipedia.org
google.com


 






1 komentar: