Selasa, 18 Juni 2013

Ayam Bekisar

Siapa sih yang tidak kenal dengan ayam bekisar? Ayam unik yang suaranya sangat khas, dan keras saat berkokok? Karena suaranya tersebutlah kerap diadakan kontes-kontes untuk mencari ayam dengan suara terbagus. Tak hanya itu, bulunya yang indah juga menambah daya tarik ayam ini. Lalu darimana asalanya ya ayam ini? Dan ada apa saja jenisnya? Berikut penjelasan singkatnya.

Ayam bekisar adalah keturunan pertama hasil silangan antara pejantan ayam hutan hijau (gallus varius) dengan ayam kampung betina (gallus domestica), ayam ini banyak dipelihara karena penampilan dan suaranya yang indah serta merdu. kualitas ayam ini biasanya nampak pada usia 6 bulan.

Pada mulanya Bekisar hanya dapat dijumpai di Kangean, sebuah pulau kecil di sebelah Timur Pulau Madura, termasuk wilayah Kabupaten Sumenep. Bekisar pertama kali dibuat di pulau ini, kemudian Bekisar menyebar ke Pulau Madura dan di daerah ini Bekisar menjadi unggas kebanggaan masyarakat (ANONIMUS, 1991).

Saat ini penyebaran Bekisar telah meluas ke berbagai daerah di tanah air. Bahkan Propinsi Jawa Timur telah menetapkan Bekisar sebagai maskot dan fauna identitasnya. Sehubungan dengan itu, untuk menarik minat para turis dan menggalakkan pariwisata di daerah Jawa Timur, telah diambil kebijaksanaan yang mengharuskan adanya minimal sebuah sangkar berisi ayam Bekisar di depan setiap kantor instansi pemerintah (SUDIRO, 1993).
Warna Bekisar yang dihasilkan tergantung kepada warna betina ayam kampung yang digunakan. Dahulu hanya warna merah dan hitam yang disukai oleh penggemar Bekisar. Akan tetapi sekarang warna Bekisar telah sangat beragam setelah banyak peternak mengawinkan ayam hutan jantan dengan berbagai macam induk betina yang memiliki warna beraneka ragam, dan juga mengawinkan dengan berbagai rumpun ayam lokal seperti ayam Cemani, Pelung, Kate atau jenis ayam ayam lainnya, yang banyak dimiliki di berbagai daerah.

Yang membedakan ayam bekisar dengan ayam lain, adalah ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Ayam ini banyak dipelihara sebagai unggas kesayangan, karena penampilannya yang elok dengan bunyi suara yang indah yaitu perpaduan yang harmonis antara ayam hutan dengan ayam kampung biasa.
  • Kualitas ayam bekisar mulai tampak pada umur 6 bulan.
  • Ayam bekisar senang berkokok diatas kerekan
  • Warna bulu didominasi oleh warna bulu induk betina, tetapi postur tubuh, sifat dan suaranya sangat dipengaruhi oleh induk jantan.

Ayam bekisar ini mempunyai beberapa jenis dan di bedakan melalui warna bulunya, yaitu ayam bekisar putih, ayam bekisar hitam, dan ayam bekisar multi warna. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai jenisnya bisa dilihat dibawah ini.
  1. Ayam bekisar Putih
  2. Ayam ini bisa dibilang keturunan pertama dari pejantan ayam hutan hijau dengan induk betina ayam ras putih. dan hasilnya disebut bekisar putih dengan ciri-ciri sebagai berikut :
    a. Warna bulunya hanya putih
    b. Postur badannya ramping
    c. Jenggernya besar dan juga berwarna merah.
    d. Warna kakinya agak sedikit putih
  3. Ayam bekisar Hitam
  4. Ayam ini merupakan keturunan pertama dari hasil silangan antara pejantan ayam hutan hijau dengan indukan betina ayam cemani hitam. cirinya sebagai berikut :
    a. Seluruh tubuhnya itu berwarna hitam
    b. Bulunya juga hitam dan juga kaki, jari, mata
  5. Ayam bekisar multi warna
  6. Ayam ini sejatinya merupakan keturunan pertama dari hasil silangan antara ayam hutan hijau dan induk betina ayam kampung yang berbulu apa saja, bisa merah, kuning, abu-abu, coklat dll. cirinya sendiri warna bulunya berwarna warni.
Ayam Bekisar Hitam

 Ayam Bekisar Multi Warna

Ayam Bekisar Putih

Buat yang ingin lebih tahu tentang info lanjut mengenai berbagai jenis-jenis ayam, dan unggas, beserta tips-tips yang berguna lainnya, silahkan berkunjung ke blog berikut : ciriayam.blogspot.com, atau memelihara-ayam.blogspot.com ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar